Selasa, 15 November 2011

Infobank : BRI Syariah Miliki 155 unit Usaha Mikro Syariah

BRI Syariah Miliki 155 unit Usaha Mikro Syariah
Senin, 14 November 2011, 15:21 WIB Headline, Perbankan, Shariah Insight

Angka non performing loan BRI Syariah yang dikelola micro banking saat ini sekitar 0,4% dan perbandingan antara nasabah yang lancar terhadap total seluruh nasabah mikro ada 98%. Berapa nasabahnya? Rully Ferdian
Jakarta–

PT Bank BRI Syariah mencatat jumlah Usaha Mikro Syariah (UMS) mencapai 155 unit hingga 2011, dengan total area sebanyak 36 area yang melayani di hampir seluruh propinsi di Indonesia.

Group Head Micro Banking BRISyariah, Sigit Suryawan, dalam keterangan pers-nya, di Jakarta, Sabtu, 12 November 2011, menjelaskan, portofolio pembiayaan yang telah disalurkan kepada nasabah mikro pada tahun ini akan menginjak diangka Rp1,2 Triliun atau naik 176% dari tahun sebelumnya.

Produk Mikro BRISyariah iB terdiri dari tiga kategori, yaitu, Mikro 25 iB dengan plafon batas mulai Rp5 juta sampai dengan Rp25 juta tanpa jaminan, Mikro 75 iB dengan plafon batas mulai Rp5 juta sampai dengan Rp75 juta dengan agunan, dan Mikro 500 iB dengan plafon batas lebih dari Rp75 juta sampai dengan Rp500 juta. Ketiga kategori tersebut dilakukan dengan skema jual beli (murabahah).

“Pembiayaan Mikro BRISyariah iB adalah bentuk nyata penyaluran dana untuk pengembangan sektor riil bagi kemajuan usaha mandiri masyarakat Indonesia,” kata Sigit.

Ia menambahkan, silaturahmi antara BRISyariah dengan para pengusaha yang menjadi nasabah micro banking selalu dijaga dengan baik seperti adanya acara pengajian bersama, seminar tentang kewirausahaan dan sebagainya.

“Usaha ini bermanfaat untuk meminimalkan adanya potensi non performing loan (NPL) yang selama ini menjadi momok bagi pihak bank,” ujar Sigit.

“Di BRISyariah angka non performing loan yang dikelola micro banking saat ini sekitar 0,4% dan perbandingan antara nasabah yang lancar terhadap total seluruh nasabah mikro ada 98%,” tambahnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar